Tax Center

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Jember

WEBINAR TAXCOMPAR (National Tax Competition and Webinar) 2023 KSMP Tax Center FISIP Universitas Jember

WEBINAR TAXCOMPAR (National Tax Competition and Webinar) 2023 KSMP Tax Center FISIP Universitas Jember

JEMBER- Sabtu, 30 September 2023. Kelompok Studi Mahasiswa Perpajakan (KSMP) Tax Center Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Jember mengadakan kegiatan TAXCOMPAR 2023. TAXCOMPAR 2023 merupakan singkatan dari “National Tax Competition and Webinar” yang kegiatannya berisi lomba dan webinar. Lomba yang diadakan dalam TAXCOMPAR 2023 adalah National Tax Olympiad (NATO) dan Infographic Competition. Kompetisi tersebut diminati oleh puluhan mahasiswa, yang terdiri dari 99 tim yang bergabung pada NATO dan 60 peserta yang tergabung dalam infographic competition. Dua kompetisi tersebut terbagi menjadi beberapa babak, diantaranya babak penyisihan, grand final, dan final. Setelah melewati babak tersebut, gelar sang juara akan diumumkan saat puncak acara yaitu Webinar TAXCOMPAR.

Dokumentasi Babak Final Infographic Competition

KSMP Tax Center FISIP Universitas Jember mempersembahkan webinar perpajakan sebagai puncak acara TAXCOMPAR 2023 dengan tema, “Perencanaan Kebijakan Fiskal dalam Menjaga Stabilitas Perekonomian Nasional di Tengah Ketidakpastian Ekonomi Global.” Webinar TAXCOMPAR 2023 diisi oleh sejumlah pembicara dari beberapa sudut pandang dan latar belakang. Pelaksanaan kegiatan Webinar TAXCOMPAR 2023 kali ini dibuka oleh Dekan FISIP Universitas Jember, yakni Bapak Dr. Djoko Poernomo, M.Si., CIQnR., CSBA. Sambutan-sambutan juga turut disampaikan oleh Koordinator Program Studi DIII Perpajakan, Ibu Yuslinda Dwi Handini, S.Sos., M.AB dan Ibu Yeni Puspita S.E., M.E., selaku Kepala Laboratorium Tax Center FISIP Universitas Jember.

Dokumentasi Webinar TAXCOMPAR (National Tax Competition and Webinar) 2023

Webinar TAXCOMPAR 2023 menghadirkan Keynote Speech dari Kepala Bidang Program Analisis Kebijakan Pusat, Kebijakan Ekonomi Makro, Badan Kebijakan Fiskal, Kementerian Keuangan Republik Indonesia yaitu Bapak Munafsin Al Arif, M.Sc., M.A.. Selain oleh keynote speech, webinar TAXCOMPAR 2023 turut menghadirkan Bapak Dr. M. Rizal Taufikurrahman, M.Si selaku Head and Center of Macroeconomics and Finance, Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) sebagai pemateri pertama dan Bapak Risyaf Fahreza S.E., MA. selaku Analisis Kebijakan Ahli Muda, Badan Kebijakan Fiskal, Kementerian Keuangan sebagai pemateri kedua. Bapak Munafsin menjelaskan mengenai perkembangan perekonomian terkini, arah kebijakan fiskal dan postur RAPBN Tahun 2024, serta perkembangan ekonomi dan keuangan Jawa Timur. Bapak Rizal juga menjelaskan terkait kondisi makro ekonomi global terkini, ancaman ketidakpastian ekonomi global, perkembangan inflasi, investasi, dan daya beli hingga kesiapan ketahanan fiskal dan moneter di tengah ketidakpastian global dan nasional. Pemaparan oleh kedua pembicara ditutup dengan pemaparan terkait APBN Instrumen Stimulus Ekonomi dan Kesejahteraan dan Arsitektur APBN 2024 yang disampaikan oleh bapak Risyaf. Ketiga pembicara menyampaikan materi yang relevan dengan kondisi yang sedang terjadi di masyarakat.

Dokumentasi Webinar TAXCOMPAR (National Tax Competition and Webinar) 2023

Seluruh pemaparan berjalan lancar dengan dipandu oleh moderator, Ibu Lenida Ayumi, S.IP, ME., BKP. yang merupakan Research and Advisory Specialist. Beliau memandu pelaksanaan penyampaian materi hingga sesi tanya jawab dengan sangat baik. Diskusi yang terjadi di dalam forum zoom meeting terlaksana dengan sangat aktif dan partisipatif.

Dokumentasi Webinar TAXCOMPAR (National Tax Competition and Webinar) 2023

Rangkaian pelaksanaan kegiatan Webinar TAXCOMPAR 2023 ditutup dengan kegiatan game dan pengumuman pemenang untuk kegiatan NATO “National Tax Olympiad” dan Infographic Competition. Game dilaksanakan melalui aplikasi quizizz dalam upaya mengulas kembali pemahaman peserta atas pemaparan yang telah disampaikan oleh pembicara. Setelah pelaksanaan game terlaksana, dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba dan penyampaian kesan dan pesan oleh pemenang lomba yang dipandu oleh Cici Tri Jayanti dan Meiba Ayumy Subroto sebagai Master of Ceremony yang juga merupakan bagian dari kepanitiaan TAXCOMPAR 2023.

Dokumentasi Webinar TAXCOMPAR (National Tax Competition and Webinar) 2023

Tujuan utama kegiatan ini adalah mengeksplorasi pengetahuan pada bidang pajak terutama bagi mahasiswa perpajakan, mengembangkan kompetensi mahasiswa melalui kompetisi perpajakan nasional, dan memberikan pemahaman secara menyeluruh terkait isu perpajakan terkini melalui webinar TAXCOMPAR. setelah kegiatan selesai KSMP Tax Center FISIP Universitas Jember mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan antusias dalam kegiatan ini. untuk kedepannya, semoga KSMP Tax Center FISIP Universitas Jember bisa melaksanakan kegiatan  TAXCOMPAR lebih baik serta menjalin hubungan baik dengan pihak eksternal yang turut andil dalam kegiatan TAXCOMPAR. Sampai jumpai di TAXCOMPAR 2024.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *