Tax Center

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Jember

TRAINING PUBLIC SPEAKING 2024

TRAINING PUBLIC SPEAKING 2024

Jember, 04 Mei 2024. Kelompok Studi Mahasiswa Perpajakan (KSMP) Tax Center Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Jember melaksanakan kegiatan STEXPUS โ€œTraining Public Speakingโ€ dengan tema โ€Be a Good Speaker and Show Your Qualityโ€ yang dilaksanakan secara luring. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih dan meingkatkan rasa percaya diri dan berani berbicara di depan umum.

(Dokumentasi Training Public Speaking 2024)

(Dokumentasi Training Public Speaking 2024)

Kegiatan ini diketuai oleh M. Dzakki Ronnaan Pratama selaku anggota KSMP Tax Center FISIP Universitas Jember. Rangkaian kegiatan Training Public Speaking diawali dengan pembukaan oleh MC (Master of Ceremony) yaitu Fanny Meilinda Putri yang merupakan anggota KSMP Tax Center FISIP Universitas Jember. Setelah acara dibuka, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Universitas Jember. Dilanjutkan dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Abid Izzulhaq yang juga merupakan anggota KSMP Tax Center FISIP Universitas Jember.

(Dokumentasi Training Public Speaking 2024)

(Dokumentasi Training Public Speaking 2024)

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan Ibu Nurcahyaning Dwi Kusumaningrum, S.E., M.A. selaku Kepala Laboratorium Tax Center FISIP Universitas Jember dan Ibu Dr. Yuslinda Dwi Handini S.Sos., M.AB. selaku Koordinator Program Studi D3 Perpajakan FISIP Universitas Jember sekaligus membuka acara. Setelah dilakukannya sambutan-sambutan kegiatan Training Public Speaking dilanjutkan dengan sesi dokumentasi.

(Dokumentasi Training Public Speaking 2024)

(Dokumentasi Training Public Speaking 2024)

Selanjutnya kegiatan diambil alih oleh Moderator yaitu Kristina Inneke Asa yang merupakan anggota KSMP Tax Center FISIP Universitas Jember. Setelah kegiatan diambil alih oleh Moderator, tibalah pada pemaparan materi oleh Ibu Selfi Budi Helpiastuti, S.Sos., M.Si. yang merupakan narasumber pada kegiatan ini. Beliau merupakan seorang Public Speaker Trainer dan Akademisi di FISIP Universitas Jember.

(Dokumentasi Training Public Speaking 2024)

Materi yang disampaikan oleh narasumber sangat menarik dan mudah dipahami, seperti kata humanis yang memiliki satu makna yakni senyum. Senyum bisa diartikan dengan banyak makna seperti sopan, toleransi, menghargai, menghormati dan banyak arti lagi. Menurut H.R. Tarmidzi โ€Senyum dihadapan saudaramu adalah sedekahโ€ artinya sedekah tidak perlu mengeluarkan uang, bahkan dengan senyum kita juga bisa bersedekah.

(Dokumentasi Training Public Speaking 2024)

Pada sesi tanya jawab, terdapat tiga pertanyaan yang diajukan oleh peserta Training Public Speaking yakni bagaimana cara menghilangkan grogi, cara membuat forum lebih aktif, dan bagaimana cara mengatasi lupa penyampaian saat public speaking.

(Dokumentasi Training Public Speaking 2024)

Setelah sesi tanya jawab dilanjut pada sesi penyerahan simbolis sertifikat pemateri yang diserahkan oleh Ibu Nurcahyaning Dwi Kusumaningrum, S.E., M.A. kepada Ibu Selfi Budi Helpiastuti, S.Sos., M.Si. Kegiatan dilanjut dengan sesi games quizziz berhadiah dengan 3 pemenang. Sesi game quizziz dilaksanakan dengan tujuan untuk bersenang-senang dan merefresh para peserta studi banding sekaligus mengukur pemahaman peserta dari materi yang telah disampaikan oleh pemateri.

(Dokumentasi Training Public Speaking 2024)

Selanjutnya kegiatan ditutup oleh MC sekaligus mengumumkan pemenang konten video instagram menarik dan mendapatkan hadiah. Kegiatan pada kali ini cukup meriah dan peserta sangat antusias. Peserta yang hadir pada kegiatan kali ini bukan hanya dari mahasiswa Universitas Jember namun juga mahasiswa dan Tax Center dari beberapa Universitas yang ada di Jember, bahkan banyak peserta yang berasal dari SMA sehingga sangat antusias dalam menjawab dan menanggapi materi dari Ibu Selfi untuk melatih skill mereka dalam public speaking. Kegiatan ini juga dihadiri oleh beberapa dosen D3 Perpajakan FISIP Universitas Jember dan para Demisioner KSMP Tax Center FISIP Universitas Jember Periode 2023/2024.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *