Tax Center

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Jember

Peringatan: Utang Global Mendekati Ambang 100% PDB, Puncak Tertinggi dalam Dua Abad!

Peringatan: Utang Global Mendekati Ambang 100% PDB, Puncak Tertinggi dalam Dua Abad!

This image has an empty alt attribute; its file name is IMG-20240521-WA0023.jpg

[Berita Seputar Pajak]

Halo Taxer! πŸ‘‹

Utang publik atau pemerintah global meningkat hingga 93% dari Produk Domestik Bruto (PDB) dan mencapai puncak tertinggi sejak Perang Napoleon sekitar 200 tahun yang lalu.

Pandemi Covid-19 telah memaksa negara-negara untuk meningkatkan utang guna menutupi defisit anggaran akibat turunnya penerimaan pajak dan sektor lainnya. Meskipun ada tanda-tanda pemulihan ekonomi setelah pandemi, banyak negara masih terjebak dalam beban utang yang tinggi, dengan Amerika Serikat (AS) dan China menjadi pendorong utama peningkatannya.

IMF mengamati peningkatan dalam enam bulan terakhir, namun risiko inflasi yang berkelanjutan dan stagnasi pertumbuhan jangka panjang menghadang.
Proyeksi IMF untuk pertumbuhan ekonomi global pada tahun 2024 lebih rendah dari sejarahnya, menimbulkan kekhawatiran akan akumulasi utang yang lebih lanjut.

Dalam konteks ini, perdagangan internasional dan pengurangan ketegangan dagang antarnegara menjadi langkah penting yang diperlukan. Pemilu nasional di lebih dari separuh populasi dunia pada tahun 2024 meningkatkan risiko defisit fiskal lebih lanjut, mendorong IMF untuk merekomendasikan kontrol fiskal yang ketat dan reformasi pajak di negara-negara berkembang maupun maju.

Sumber : CNBC Indonesia

π‘ͺπ’‰π’†π’„π’Œ π‘»π’‰π’Šπ’” 𝑢𝒖𝒕!
Instagram : taxcenterunej_
Twitter : taxcenterunej_
Tiktok : taxcenterfisipunej
Email : taxcenterfisip@unej.ac.id
Website : Taxcenterfisip.unej.ac.id YouTube : Tax Center UNEJ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *