Tax Center

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Jember

STEXPUS (Training Excel) 2024

STEXPUS (Training Excel) 2024

JEMBER, Pada hari Minggu 14 Juli 2024, KSMP Tax Center Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember telah mengadakan acara STEXPUS (Training Excel) 2024 dengan tema “Improve Self-Skills Through Excel Training”. 

Acara STEXPUS Training Excel dilaksanakan secara daring via Zoom Meting. Acara ini dibuka untuk umum dan dihadiri oleh ratusan peserta yang berasal dari berbagai instansi dan juga daerah. Dengan diadakannya acara ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan peserta dalam mengolah data dan mengaplikasikannya pada Micrrosoft Excel sehingga nantinya dapat diterapkan dalam dunia kerja.

Acara ini diketuai oleh Muhammad Nasyrul Effendi yang merupakan salah satu anggota dari KSMP Tax Center Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember, serta dipandu oleh Valentina Cahyaningtyas selaku Master of Ceremony dalam acara ini. 

Acara STEXPUS (Training Excel) 2024 dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian dilanjut dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh M. Dzakki Ronaan Pratama. 

Selanjutnya, sambutan pertama dalam acara ini diberikan kepada Ibu Nurcahyaning Dwi Kusumaningrum S.E., M.A. Beliau merupakan Kepala Laoratorium Tax Center Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember. Dalam sambutannya beliau menyampaikan ucapan terimakasih kepada jajaran dosen yang turut menghadiri acara tersebut, narasumber, serta para peserta yang telah hadir dan tak lupa juga kepada panitia yang memberikan kontribusi terbaiknya dalam menjalankan acara tersebut. Sambutan yang kedua sekaligus membuka acara STEXPUS (Training Excel) 2024 oleh Dr. Yuslinda Dwi Handini, S.Sos., M.AB., selaku Kepala Program Studi D3 Perpajakan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember.  Selanjutnya acara diisi dengan sesi dokumentasi.

Pemateri yang diundang dalam acara STEXPUS (Training Excel) 2024 kali ini adalah Yusli Anggita. Beliau merupakan seorang Digital Creator of Microsoft Excel Tips and Tricks. Saat ini beliau menjabat sebagai Production Staff di PT TD Automotive Compressor Indonesia. Dalam kesempatan kali ini beliau menyampaikan bahwa pelatihan ini akan difokuskan pada Microsoft Excel Formula dan juga Pivot Table. 

Dalam acara STEXPUS (Training Excel) 2024 terdapat beberapa sesi, dimana sesi pertama pemateri akan menjelaskan materi terkait Microsoft Excel dan pada sesi kedua nantinya diadakan Sharing Session yaitu pada sesi tersebut pemateri akan mempraktikkan langsung bagaimana cara mengolah data dan mengaplikasikannya pada Microsoft Excel dan diikuti langsung oleh para peserta dengan template latihan yang telah disediakan oleh pemateri.

Pada sesi Sharing Session ini beberapa peserta sangat antusias dalam mengerjakan latihan dan mempelajari rumus-rumus Excel yang disajikan oleh pemateri. Tak hanya itu, jika dari peserta mengalami kesulitan dalam mengerjakan, mereka dapat bertanya langsung dan nantinya pemateri akan memberikan solusi dari masalah yang dialami oleh peserta dalam pengaplikasian Microsoft Excel.

Pada sesi terakhir, panitia menyediakan sesi tanya jawab bagi peserta untuk berinteraksi dan bertanya langsung kepada pemateri. Dalam sesi ini para peserta juga aktif dalam bertanya, salah satunya yakni Tri Dilla Usma, beberapa pertanyaan yang diajukan yaitu terkait bagaimana cara dalam megasah soft skill dan hard skill dalam mengolah data dan apa saja kesalahan-kesalahan yang banyak terjadi dalam pengolahan data di Microsoft Excel serta bagaimana cara melakukan pendekatan kepada masyarakat yang masih tabu dalam menilai pentingnya pelatihan Excel yang mendukung di dunia kerja nantinya.

Dari pertanyaan tersebut dan jawaban yang diberikan  oleh pemateri, dapat dibuat kesimpulan bahwa untuk mengembangkan softskill dan hardskill diperlukan update skill yaitu kita harus melakukan pembiasaan terhadap Microsoft Excel lewat latihan-latihan yang bisa kita temukan di Youtube dan webinar lain yang membahas terkait Excel. Selain itu kesalahan-kesalahan yang biasanya terjadi yaitu pada references. Kebanyakan orang hanya memperhatikan rumus-rumus yang ada pada Microsoft Excel sehingga mengabaikan penguncian datanya atau references. Dan yang terakhir, pendekatan kepada masyarakat dapat dimulai dari diri kita sendiri, apabila kita mampu menguasai Microsoft Excel dengan begitu kita juga dapat menjelaskan hal tersebut dengan mudah kepada masyarakat.

Acara STEXPUS (Traininng Excel) 2024 ditutup dengan pengumuman pemenang Instagram Story dan juga peserta ter-aktif. Panitia tentunya akan memberikan reward kepada para peserta yang telah mendokumentasikan acara kali ini lewat Instagram Story mereka, panitia telah menentukan pemenang yang memiliki karya terbaik yakni diraih oleh peserta dengan username @365tenggara. Tak hanya itu, panitia juga pastinya memberikan reward kepada peserta yang sangat aktif dalam berinteraksi selama acara berlangsung. Terdapat dua peserta ter-aktif yang memenangkan reward ini yaitu atas nama Tri Dilla Usma dan Hanifa Aqila. 

Sekian sekilas berita mengenai acara STEXPUS (Training Excel) 2024, pelatihan asik, interaktif dan menyenangkan yang membantu mahasiswa dalam mempersiapkan bekal di dunia kerja nantinya. Nantikan kegiatan kami selanjutnya yaa!!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *