Tax Center

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Jember

BERITA ACARA BABAK PENYISIHAN NATO (NATIONAL TAX OLYMPIAD) TAXCOMPAR (National Tax Competition and Webinar) 2023

BERITA ACARA BABAK PENYISIHAN NATO (NATIONAL TAX OLYMPIAD) TAXCOMPAR (National Tax Competition and Webinar) 2023

Jember, Sabtu (02 September 2023) Kelompok Studi Mahasiswa Perpajakan Tax Center Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember telah mengadakan Babak penyisihan NATO (National Tax Olympiad). NATO (National Tax Olympiad) adalah bagian dari rangkaian kegiatan TAXCOMPAR 2023 yang merupakan event tahunan terbesar KSMP Tax Center Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember. NATO dilaksanakan dalam bentuk kegiatan olimpiade di bidang perpajakan yang ditujukan kepada seluruh mahasiswa dari perguruan tinggi negeri maupun swasta jenjang D1/D2/D3/D4/S1 di Indonesia. Peserta dalam kegiatan NATO berupa tim yang terdiri dari tiga anggota yang akan berkompetisi dalam 3 babak dengan tema yang diambil “Dinamika Perekonomian Melalui Digitalisasi Perpajakan dalam Menjaga Stabilitas Ekonomi Berkelanjutan”.

Backdrop Babak Penyisihan NATO

Olimpiade tersebut diperuntukkan oleh mahasiswa seluruh Indonesia, salah satu tujuannya untuk serta dapat saling memberikan edukasi kepada sesama kaum milenial terutama dalam menyikapi informasi maupun berita tentang perpajakan. Pelaksanaann babak penyisihan diikuti oleh 98 tim. Peserta yang mengikuti babak ini adalah seluruh tim yang telah menyelesaikan registrasi dan pendaftaran. Kegiatan ini dilakasanakan secara daring melalui media zoom meeting yang dimulai pukul 12.30 dan selesai pada pukul 15.30 sesuai rundown.

Master of Ceremony, Finnantia Monicha Rikardin

Babak penyisihan NATO dipandu oleh Master of Ceremony yaitu Finnantia Monicha Rikardin selaku ketua umum KSMP Tax Center Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember. Kegiatan ini diawali dengan pemutaran lagu Indonesia Raya dan dilanjut doa bersama. Babak Penyisihan NATO disambut oleh Ketua Panitia acara yaitu Tribuana Tungga Devi, kemudian dilanjutkan oleh Kepala Laboratorium Tax Center Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember Ibu Yeni Puspita, S.E., M.E dan sekaligus membuka acara babak penyisihan NATO.

Kepala Laboratorium Tax Center Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember Ibu Yeni Puspita, S.E., M.E

Setelah sesi dokumentasi dilanjutkan dengan pemaparan petunjuk teknis babak penyisihan oleh panitia agar para peserta memahami mekanisme babak penyisihan NATO. Panitia menyiapkan breakout room sebelum peserta mengerjakan soal. Setiap tim akan dibagi ke breakroom dengan setiap breakout room berisi 5 tim dan 1 panitia sebagai pengawas pada saat peserta mengerjakan soal. Salah satu ketentuan dalam babak penyisihan NATO adalah 1 tim wajib menggunakan 2 device, device pertama digunakan untuk mengakses e-ujian dan device kedua untuk bergabung dalam zoom meeting agar pengawas tetap bisa memonitoring dalam pengerjaan soal. Pengerjaan soal pada babak penyisihan akan diberi waktu selama 90 menit.

Pemaparan petunjuk teknis babak penyisihan

Setelah para peserta menyeselesaikan babak penyisihan, para peserta dipersilakan meninggalkan zoom meeting dan wajib mengisi presensi. Sekian sekilas berita acara Babak Penyisihan NATO (National Tax Olympiad). Nantikan kegiatan acara kami selanjutnya!

Dokumentasi NATO (National Tax Olympiad)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *