Tax Center

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Jember

Babak Penyisihan NATO (National Tax Olympiad) TAXCOMPAR 2024

Babak Penyisihan NATO (National Tax Olympiad) TAXCOMPAR 2024

oleh: Hanifa Aqil

Editor: M. Fikri Febrian Rumbia

NATO (National Tax Olympiad) adalah Lomba Olimpiade di bidang perpajakan yang diikuti oleh mahasiswa dari perguruan tinggi negeri maupun swasta pada jenjang D1/D2/D3/D4/S1 di seluruh Indonesia.  NATO merupakan salah satu rangkaian kegiatan TAXCOMPAR 2024, kegiatan  ini mengangkat  grand tema “Optimalisasi Peran Mahasiswa dalam Mewujudkan Generasi Taat Pajak pada Era Reformasi Perpajakan Menuju Indonesia Emas 2045”. TAXCOMPAR 2024 adalah event tahunan terbesar dari KSMP (Kelompok Studi Mahasiswa Perpajakan) Tax Center Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember.

NATO bertujuan untuk memberikan edukasi perpajakan serta memotivasi para mahasiswa muda agar lebih semangat berkompetisi pada bidang perpajakan dan tentunya terus update informasi perpajakan terbaru di Indonesia.

This image has an empty alt attribute; its file name is image.png

Dokumentasi Pembukaan Babak Penyisihan NATO 2024

Minggu, 01 September 2024 KSMP Tax Center FISIP Universitas Jember telah melaksanakan rangkaian kegiatan TAXCOMPAR 2024 yaitu Babak Penyisihan NATO (National Tax Competition). Terdapat 69 tim yang tergabung dalam  kegiatan  NATO, dimana setiap tim terdiri dari 3 anggota. Semua tim akan berkompetisi dalam 3 babak Nato, mulai dari Babak Penyisihan, Babak Grand Final dan puncaknya pada Babak Final.Babak Penyisihan NATO dilaksanakan secara online melalui media zoom meetings, dimulai dari registrasi peserta pada pukul 07.30 hingga penhujung acara pukul 10.40 sesuai dengan rundown yang telah ditetapkan oleh panitia.

This image has an empty alt attribute; its file name is image-3.png

Master of Ceremony, Apsari Ramadhani Putri Aji Pratama

Master of Ceremony pada Babak Penyisihan NATO 2024 adalah saudari Apsari Ramadhani Putri Aji Pratama yang  merupakan CO Publikasi  pada Divisi Riset dan Publikasi KSMP Tax Center FISIP Universitas Jember. Kegiatan ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Universitas Jember yang diikuti oleh seluruh peserta zoom meetinngs, selanjutnya tidak lupa dengan doa bersama yang dipimpin oleh panitia yang bertugas.

Kepala Laboratorium Tax Center Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember

Ibu Nurcahyaning Dwi Kusumaningrum, S.E., M.A

Babak Penyisihan NATO disambut oleh Ketua Panitia acara yaitu  Risma Yulia Ananta yang merupakan anggota KSMP Tax Center FISIP Universitas Jember, kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Kepala Laboratorium Tax Center Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember yaitu Ibu Nurcahyaning Dwi Kusumaningrum, S.E., M.A sekaligus membuka acara Babak Penyisihan NATO. Selanjutnya sesi dokumentasi bersama seluruh peserta dipandu  oleh panitia, kemudian dilanjut dengan pemaparan petunjuk teknis Babak Penyisihan NATO dipandu oleh MC sekaligus menghimbau agar para peserta memahami mekanisme babak penyisihan NATO.

Sebelum peserta diperkanankan mengerjakan soal Babak Penyisihan, panitia yang bertugas menyiapkan breakout room untuk seluruh tim. Setiap tim akan dibagi ke dalam breakout room, dimana setiap breakout room berisi 5 tim dan 1 panitia sebagai pengawas pada saat peserta mengerjakan soal. Salah satu ketentuan dalam babak penyisihan NATO adalah 1 tim wajib menggunakan 3 device, device pertama hanya difokuskan untuk mengerjakan soal pada e-ujian, device kedua dan  ketiga digunakan untuk bergabung dalam zoom meetings agar pengawas tetap bisa memonitoring dalam pengerjaan soal. Pengerjaan soal pada Babak Penyisihan dalam waktu selama 90 menit.

Dokumentasi Breakout Room Pengerjaan Soal Babak Penyisihan Nato

Setelah semua peserta tim NATO menyeselesaikan pengerjaan soal Babak Penyisihan, para peserta dipersilakan meninggalkan zoom meetings dan sebelum meninggalkan room semua tim diwajibkan mengisi presensi yang sudah disediakan oleh panitia. Sekian sekilas berita acara Babak Penyisihan NATO (National Tax Olympiad) 2024.

Nantikan rangkaian kegiatan TAXCOMPAR 2024 selanjutnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *