Tax Center

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Jember

Grand Final NATO (National Tax Olympiad) TAXCOMPAR 2024

Grand Final NATO (National Tax Olympiad) TAXCOMPAR 2024

Oleh : Meiba Ayumy Subroto

Editor : Inayah Mawar Triyanti

NATO (National Tax Olympiad) adalah kompetisi olimpiade di bidang perpajakan yang melibatkan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi seluruh jenjang, baik negeri maupun swasta, di seluruh Indonesia. Ajang kompetisi ini merupakan bagian dari rangkaian acara TAXCOMPAR 2024 yang mengusung Grand Tema “Optimalisasi Peran Mahasiswa dalam Mewujudkan Generasi Taat Pajak pada Era Reformasi Perpajakan Menuju Indonesia Emas 2045”. TAXCOMPAR 2024 sendiri adalah acara tahunan paling bergengsi yang diselenggarakan oleh KSMP Tax Center FISIP  Universitas Jember. Ajang ini tidak hanya menjadi wadah kompetisi, tetapi juga sarana untuk meningkatkan kesadaran perpajakan di kalangan mahasiswa sebagai calon penerus bangsa.

NATO (National Tax Competition) TAXCOMPAR 2024 bertujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang perpajakan sekaligus mendorong semangat kompetisi di kalangan mahasiswa dalam bidang ini. Selain itu, ajang ini juga bertujuan agar mahasiswa tetap mengikuti perkembangan terbaru mengenai kebijakan perpajakan di Indonesia. Di samping itu, NATO (National Tax Competition) TAXCOMPAR 2024 juga bertujuan untuk membentuk generasi mahasiswa yang kritis dan inovatif dalam mengaplikasikan ilmu perpajakan serta memperkuat peran mereka sebagai agen perubahan dalam meningkatkan kepatuhan pajak di masa depan.

Dokumentasi Pembukaan Babak Grand Final NATO 2024

Sabtu, 7 September 2024, KSMP Tax Center FISIP Universitas Jember telah sukses menyelenggarakan rangkaian NATO (National Tax Competition) TAXCOMPAR 2024, yang salah satunya adalah Babak Grand Final NATO (National Tax Competition). Dalam kompetisi ini, sebanyak 10 tim lolos dari Babak Penyisihan sebelumnya, dengan masing-masing tim beranggotakan 3 orang. Setiap tim bersaing melalui tiga tahapan kompetisi NATO (National Tax Competition), dimulai dari Babak Penyisihan, dilanjutkan dengan Babak Grand Final, dan diakhiri pada Babak Final untuk penentuan juara.

Babak Grand Final NATO (National Tax Competition) dilaksanakan secara daring melalui platform Zoom Meetings, dimulai dengan registrasi peserta pada pukul 08.00 dan berlangsung hingga akhir acara pada pukul 10.30, sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh panitia. Pembawa acara pada Babak Grand Final NATO (National Tax Competition) TAXCMPAR 2024 adalah saudari Apsari Ramadhani Putri Aji Pratama, yang menjabat sebagai CO Publikasi di Divisi Riset dan Publikasi KSMP Tax Center FISIP Universitas Jember. Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Universitas Jember yang diikuti oleh seluruh peserta Zoom Meetings, dilanjutkan dengan doa bersama yang dipimpin oleh Muhammad Rafi Rafzandjani.

Dokumentasi Pembukaan Acara oleh master of ceremony

Babak Grand Final NATO (National Tax Competition) diawali dengan sambutan dari Ketua Panitia, Risma Yulia Ananta, yang merupakan anggota KSMP Tax Center FISIP Universitas Jember. Setelah itu, Kepala Laboratorium Tax Center FISIP Universitas Jember, Ibu Nurcahyaning Dwi Kusumaningrum, S.E., M.A., memberikan sambutan sekaligus secara resmi membuka acara Grand Final. Setelah sambutan, sesi dokumentasi bersama seluruh peserta Zoom dipandu oleh panitia, diikuti dengan pemaparan petunjuk teknis Babak Grand Final yang disampaikan oleh MC, yang juga mengingatkan peserta untuk memahami mekanisme kompetisi dengan baik.

Kepala Laboratorium Tax Center Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember

Ibu Nurcahyaning Dwi Kusumaningrum, S.E., M.A

Sebelum peserta diizinkan mengerjakan soal Babak Grand Final, panitia menyiapkan breakout room untuk setiap tim. Setiap tim akan ditempatkan dalam breakout room, di mana setiap ruangan terdiri dari 2 tim dan 1 panitia yang bertugas sebagai pengawas selama pengerjaan soal. Salah satu aturan dalam Babak Grand Final NATO (National Tax Competition) adalah setiap tim wajib menggunakan 3 perangkat: perangkat pertama digunakan khusus untuk mengerjakan soal di platform e-ujian, sementara perangkat kedua dan ketiga digunakan untuk tetap terhubung dalam Zoom Meeting sehingga pengawas dapat memantau peserta secara langsung. Waktu yang diberikan untuk mengerjakan soal pada Babak Grand Final adalah 60 menit.

Dokumentasi Breakout Room Pengerjaan Soal Babak Grand Final Nato

Setelah seluruh tim peserta NATO (National Tax Competition) menyelesaikan pengerjaan soal pada Babak Grand Final, peserta dipersilakan untuk keluar dari Zoom Meetings. Sebelum meninggalkan ruangan, setiap tim diwajibkan mengisi daftar hadir yang telah disiapkan oleh panitia. Demikian sekilas berita acara mengenai Babak Grand Final NATO (National Tax Olympiad) 2024.

Nantikan Puncak NATO (National Tax Competition) TAXCOMPAR 2024 selanjutnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *